Gula Aren Produk Indonesia Peninggalan Nenek Moyang

»
Gula aren, adalah produk masyarakat Indonesia yang memiliki banyak manfaat ternyata juga sangat digandrungi di manca negara khususnya di negara-negara eropa. Selain rasanya yang khas, gula aren juga menjadi bahan baku obat herbal yang diracik oleh nenek moyang bangsa ini sejak dahulu.

Dengan tingginya permintaan akan gula aren tersebut, maka beberapa tahun yang lalu Presiden Susilo Bambang Yudhoyano, meresmikan pabrik gula aren di dunia yang terletak di Manado, Sulawesi Utara tepatnya di daerah Tomohon.

Pabrik gula aren yang mampu menghasilkan puluhan ton tersebut, pada ekspor perdananya sebanyak 12,5 ton untuk memenuhi permintaan negara Belanda. Dengan melihat permintaan tersebut, kini Indonesia merencanakan akan kembali membangun pabrik gula aren sebanyak 10 pabrik agar dapat memenuhi semua permintaan pasar.

Mengapa gula aren begitu banyak peminatnya? Seperti yang disampaikan oleh  detik.com, hal ini tak lain dari manfaat yang dapat dihasilkan oleh gula aren ketimbang gula dari tebu. Seperti, gula aren memiliki kandungan kalori yang lebih rendah dari gula tebu, sehingga aman digunakan untuk penderita diabetes, bahkan dapat menjadi obat untuk berbagai macam penyakit.

Selain itu, gula aren yang merupakan hasil olahan dari nira pohon enau yang kemudian diproses, hanya memiliki nilai indeks glikemik sebesar 35, sedangkan gula tebu sebesar 58. Indeks glikemik sendiri merupakan skala atau angka yang diberikan pada makanan tertentu berdasarkan seberapa besar makanan tersebut meningkatkan kadar gula darahnya. Skala yang digunakan adalah 0-100. Indeks glikemik disebut rendah jika berada di skala kurang dari 50, indeks glikemik sedang jika nilainya 50-70 dan indeks glikemik tinggi jika angkanya di atas 70.

Bahkan para ahli juga banyak yang mengungkapkan, kalau gula aren juga mengandung senyawa-senyawa lain yang bermanfaat seperti thiamine, riboflavin, asam askorbat, protein dan juga vitamin C. Untuk itu, gula aren lebih aman dikonsumsi dan tidak menyebabkan lonjakan kadar gula darah yang signifikan, sehingga aman untuk dikonsumsi bagi penderita diabetes.

Gula Aren Produk Indonesia Peninggalan Nenek Moyang

Dan tahukan anda, ternyata proses pembuatan gula aren umumya lebih alami sehingga zat-zat tertentu yang terkandung di dalamnya tidak mengalami kerusakan dan tetap utuh. Serta tidak membutuhkan proses penyulingan yang berkali-kali atau menggunakan tambahan bahan untuk memurnikannya.